42 Perguruan Tinggi Ikuti Kontes Robot Indonesia Regional IV Kemeristek Dikti

Home / Berita / 42 Perguruan Tinggi Ikuti Kontes Robot Indonesia Regional IV Kemeristek Dikti
42 Perguruan Tinggi Ikuti Kontes Robot Indonesia Regional IV Kemeristek Dikti Dirut Polinema Malang, Awang Setiawan MM (FOTO: Imadudin M/TIMES Indonesia)

TIMESLAMPUNG, MALANG – Sebanyak 42 Perguruan Tinggi mengikuti Kontes Robot Indonesia (KRI) 2018 Regional IV, yang diselenggarakan oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristek Dikti).

Penyelenggaraan KRI 2018 Regional IV tahun ini, berlangsung dan diselenggarakan pada Politeknik Negeri Malang (Polinema).

Direktur Polinema Malang, Awan Setyawan MM menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Kemenristek Dikti.

Kontes-Robot-2.jpgArena pertandingan KRI 2018 Regional IV, divisi Kontes Robot Pemadam Api Indonesia.

Ia mengatakan setelah sukses sebagai penyelenggara Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) dan Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KBBI), Polinema kembali dipercaya Kemenristek Dikti untuk menyelenggarakan KRI Regional IV. 

"KRI Regional IV akan berlangsung mulai 1 hingga 3 Mei 2018. Kami baru pertama menyelenggarakan ini, kami akan berikan yang terbaik agar berlangsung sukses," kata Awan dalam sambutannya.

Sementara itu, Kasi Kreatifitas Belmawa Kemenristek Dikti, Yudi Harianto ST, mangatakan KRI merupakan ajang kompetisi kreatifitas mahasiswa di seluruh Indonesia dalam rancang bangun dan rekayasa bidang robotika dengan desain dan fungsi yang telah ditetapkan oleh Asian Broadcasting Union Robot Contest (ABU ROBOCON), Trinity College Home Robo Contest, dan International Soccer Robocup. 

KRI diselenggerakan setiap tahun oleh Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti.

"Kemenristek Dikti akan bekerjasama dengan perguruan tinggi yang ditunjuk untuk menyelenggarakan kontes pada tingkat Regional Dan Nasional," katanya.

Yudi menambahkan Kontes Tingkat Regional akan diselenggarakan pada 4 wilayah Regional, yaitu Regional I di area Sumatera), Regional II di area Jawa bagian barat, Kalimantan Bagian Barat, dan Sulawesi, Regional III area Jawa bagian tengah, Kalimantan bagian timur dan selatan, dan Regional IV area Jawa bagian timur, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. 

Sebagai informasi, KRI 2018 terdiri dari 5 divisi yakni Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda. 

Setiap peserta KRI akan mengikuti Seleksi tahap pertama untuk dapat mengikuti Kontes Robot Indonesia, yaitu dengan mengirimkan Proposal pengajuan mengikuti Kontes Robot Indonesia sesuai peraturan masing-masing divisi perlombaan. 

Kontes-Robot-3.jpgArena pertandingan KRI 2018 Regional IV, divisi Kontes Robot Pemadam Api Indonesia.

Dalam penyaringan team robot yang akan menuju tingkat nasional dan internasional, maka dilakukan pertandingan kontes robot yang dilaksanakan dalam beberapa regional. 

KRI Regional IV 2018 ini diselenggarakan dengan tujuan menyaring peserta yang akan mewakili Regional IV dalam Kontes Robot Tingkat Nasional tahun 2018 yang rencananya akan dilaksanakan di Yogyakarta.

"Pemenang pada tingkat nasional akan menjadi wakil Indonesia untuk mengikuti level kompetisi yang lebih tinggi," katanya.

Dalam KRI 2018 Regional IV diikuti oleh 42 Perguruan Tinggi yang terbagi kedalam 97 Tim. Sejumlah tim tersebut akan mengikuti lima divisi perlombaan yang meliputi, KRAI 20 tim, KRPAI 32 tim, KRSBI Beroda 22 tim, KRSBI Humanoid 9 tim dan KRSTI 14 tim. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com